Processor

Processor adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut CPU (Central Processing Unit). CPU adalah sebuah perangkat keras dalam suatu sistem komputer yang merupakan tempat terjadinya pemrosesan instruksi dari sebuah program, termasuk melakukan operasi aritmatika, logika, dan input / output dasar dari sistem. Maka dari itu processor juga biasa disebut otak dari sebuah computer dan pengendali serta pengontrol computer. Meskipun sebagai otak dari sebuah computer, processor tidak dapat bekerja dengan sendirinya tanpa komponen lainnya. Misalnya processor
membutuhkan tegangan dan daya listrik. Tegangan dan daya listrik pada computer dihasilkan oleh PSU (power supply unit) yang disalurkan melalui kabel yang tertancap di Motherboard. 

Secara teknis, processor adalah sebuah Intergrated Circuit (IC) yang mengontrol keseluruhan jalannya suatu system computer dengan memproses input, lalu memunculkannya pada output, dan atau disimpan di memory jika nanti diperlukan. Kecepatan processor / clockspeed dinyatakan dalam satuan MHz (Mega Hertz) yang pada masa kini mempunyai kecepatan hingga kecepatan GHz (Giga Hertz). Misalnya sebuah processor mempunyai kecepatan 1 MHz, artinya processor tersebut dapat melakukan 1 million instruction per second (MIPS) / 1 juta instruksi setiap detiknya.

Processor mempunyai 3 bagian terpenting, yaitu:
  • Arithmetic Logical Unit (ALU)
  • Control Unit (CU)
  • Memory Unit (MU)


Arithmetic Logical Unit (ALU)bertugas untuk melakukan operasi perhitungan aritmatika dan logika. Processor hanya dapat memproses perhitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi perhitungan aritmatika adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Untuk contoh operasi logika adalah logika utama yaitu AND, OR dan NOT, dapat berkembang menjadi gerbang NAND, NOR, EX-OR, EX-NOR. Selain ALU, di dalam processor terdapat bagian terkecil yaitu Register, Counter dan Decoder. Register berfungsi untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses di dalam CPU. Sedangkan Counter dan Decoder berfungsi untuk menterjemahkan, menghitung pulsa atau sinyal digital. Control Unit (CU) bertugas sebagai pengendali kinerja, pengendali terhadap proses yang berada di bagian ALU. Output dari CU akan mengatur aktivitas bagian lainnya dari perangkat CPU lainnya. Selain itu CU juga bertugas untuk pengendali input/output, mengambil instruksi dari memory utama, mengambil data dari memory utama, mengirim instruksi ke ALU jika ada perhitungan aritmatika atau logika, dan mengawasi kerja. Memory Unit (MU) yaitu sekumpulan register yang bertugas untuk menyimpan data yang sedang diproses dan ini hanya bersifat sementara, menyimpan data yang sedang diolah atau data untuk pengolahan selanjutnya. Penghubung bagian - bagian internal CPU, yaitu ALU, CU dan kumpulan register, serta penghubung bus lainnya ialah CPU Interconnections.

Alur pengolahan data
Cara kerja CPU yaitu pertama dari sekumpulan instruksi berasal dari perangkat lunak yang dijalankan oleh pengguna atau brainware. Instruksi-instruksi tersebut disimpan sementara di RAM. Instruksi dan data tersebut mengalir di suatu unit bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Selanjutnya akan diterjemahkan oleh decoder kemudian mengalir di ALU untuk dikalkulasi dan perbandingan. Atau bisa disimpan sementara oleh ALU di lokasi memory yang disebut register, agar dapat diolah kembali. Setelah ALU mengkalkulasi, melakukan operasi aritmatika dan pengecekan kondisi, ALU mengirimkan kembali hasil pemrosesannya ke media penyimanan atau diproses kembali di register. Counter dalam proses ini mengawasi instruksi yang diolah agar instruksi dapat dikerjakan dengan benar dan urut.

Referensi en.wikipedia.com/wiki/Central_processing_unithttp://en.wikipedia.org/wiki/Arithmetic_logic_unithttp://en.wikipedia.org/wiki/Control_unit, PCMedia 12,2010 Teknologi Processor, dikutip dari jurnal Laksono Aryo Widhiatmono dkk, 2012,  Perbandingan Processor Intel dan AMD, 2,3,4,5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar